Rabu, 01 Februari 2017

Wisata Memacu Adrenali Di Gua Pindul Jogjakarta


 Gua Pindul merupakan objek wisata alam dengan kegiatan menarik menyusuri gua bawah tanah yang seru dan menantang yang ada di Jogja. Objek wisata gua pindul sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2010 yang lalu oleh masyarakat sekitar, dan menargetkan untuk menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun Interneasional. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai tantangan, terutama saat melakukan kegiatan menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan ban, yang dilengkapi dengan jaket pelampung. Jaket inilah yang berfungsi sebagai kemanan agar tetap mengampung jika terjadi sesuatu disungai, karena sudah memenuhi standar kemanan.













   Keunikan dari Gua alam ini, kita bisa menikmati keindahan staglatit yang masih tumbuh ke bawah di langit-langit gua dengan menyusuri area tersebut menggunakan ban atau tubing.Kenapa harus menggunakan ban? Karena gua tersebut dialiri sungai bawah tanah mulai dari mulut cave hingga ujung cave.

 Aktifitas seru tersebut biasa disebut cave tubing, untuk menyusuri gua tersebut membutuhkan waktu sekitar 50 menit dengan jarak sekitar 350 meter.Kita akan melewati zona terang, remang dan gelap didalam cave tersebut dengan dibekali peralatan yang cukup aman yaitu jaket pelampung, sepatu dan pastinya ban dalam, kita nantinya akan dipandu oleh semacam guide atau biasa disebut pemandu oleh operator setempat.
Gua tersebut aman untuk semua kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa karena sungai tersebut tidak berarus deras walaupun musim hujan, sumber air sungai tersebut merupakan aliran dari sumber mata air Gedong Tujuh




Tentang Goa Pindul Jogja





Objek wisata Goa Pindul Gunungkidul ini memiliki panjang kurang lebih 350 meter, dalam kegiatan penyusuran sungai bawah tanah dapat ditempuh dengan waktu normal antara 40-60 menit, waktu tersebut tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri. Keadaan sungai memiliki Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.  Namun Sungai yang disusuri tidak semua memiliki ukuran lebar yang sama, ada juga yang memiliki ukuran sempit cuma bisa dilewati hanya satu ban saja.

Untuk bisa berlibur di gua pindul ini bisa di ikuti oleh semua kalangan usia, karena sudah terjamin kemanannya, batas minimum juga tidak ada ketentuan khusus yang membatasi berapa peserta yang akan ikut dalam petualangan menantang ini. Di tempat wisata tersebut anda akan disambut dengan baik oleh pengelola wisata ini, dan selalu siap melayani dengan baik, jadi anda tidak perlu kuatir dan takut tidak didampingi. Biarpun anda datang ketempat ini hanya seoarang diri pasti tetap akan dilayani, namun disarankan agar anda berkunjung ditempat ini dengan rombongan agar lebih terasa keseruannya dibanding sendiri akan terasa kurang asik.

   Perlu anda ketahu sebagai tempat wisata alam yang ada di kabupaten gunungkidul Jogja, Goa pindul memiliki daya tarik dan keunikan sendiri yang mungkin tidak anda temui di gua tempat lain. Bukan hanya kereruan liburan yang bisa anda dapatkan jika berwisata di Gua Pindul, konon ada mitos bahwa bebatuan yang ada di objek wisata gua Pindul tersebut akan membuat perkasa dan awet muda, namun untuk kebenaran masih belum bisa dibuktikan. terlepas dari mitos tersebut keindahan alam di tempat wisata pindul sudah memikat banyak wisatawan dan penasaran untuk mengunjunginya sebagai tempat rekreasi jika sedang ke Kota Jogja khususnya di Gunungkidul.



   Sedikit gambaran tentang objek wisata gua pindul untuk wisatawan yang penasaran dan belum pernah mengunjunginya, pada saat penyusuran Goa Anda akan melihat pemandangan menarik yaitu brupa ornamen batu stalagtit yang masih aktif maupun sudah tidak aktif yang menghiasi Goa Pindul. Diantara batu tersebut ada juga batu yang diberi nama batu stalagmit Perkasa dan batu stalagtit Mutiara yang ada di zona ke dua yaitu zona remang. Batu-batu tersebut dpercayai mempunyai mitos-mitos unik seperti yang sudah disebutkan diatas salah satunya untuk keperkasaan, jangan kuatir nanti saat anda melewatinya pemandu bisa menjelaskan lebih detail tentang apa saja yang ada lihat.

  Saat anda berada tepat di tengah-tengah penyusuran akan menjumpai zona paling sempit, karena di zona ini terdapat sebuah batu Stalagtit dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (disebut dengan nama "Soko Guru"). Soko Guru sendiri berasal dari bahasa jawa kuno yang mempunyai makna "Soko = tiang penyangga dan Guru = Gunung / bukit" maka Soko Guru bisa dimaksudkan sebagai tiang penyangga kedua bukit yang berada di atas Goa Pindul, panjang stalaktit ini sekitar 7 meter.


Walaupun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata batu tersebut belum menyentuh sampai dasar sungai Pindul. Karena mengingat kedalaman air di zona tersebut berkisar antara 10-12 meter. Stalagtit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan konon mempunyai peringkat terbesar ke 4 di dunia. Setelah melewati zona gelap dan sempit, anda akan memasuki zona kelelawar. Ini adalah zona terpanjang yang ada di Goa Pindul, banyak kelelawar kerdil yang tinggal di sini. Namun anda tidak perlu takut, kelelawar di Goa Pindul ini cukup jinak dan tidak akan pernah menyerang manusia, karena Kelelawar jenis ini adalah pemakan serangga atau nyamuk.
Gua Pindul salah satu dari sekian banyak obyek wisata di jogja, tepatnya terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul, persis di sebelah timur kota Yogyakarta, Indonesia. Saat ini Desa tersebut sudah masuk dalam kategori Desa Wisata di Kabupaten GunungKidul Yogyakarta.
Yang bisa ditempuh Jika anda dari arah Yogyakarta, maka arahnya searah dengan rute menuju Kids Fun dan bukit bintang. Ikuti jalan besar tersebut hingga Anda akan melewati Hutan Tleseh yang rimbun. Setelah melewati hutan, Anda akan melewati  pertigaan Gading. selanjutnya pilih jalan yang lurus menuju Kota Wonosari dengan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Tepat di tugu batas kota yang berupa gerbang, Anda akan melihat Bunderan Siyono. Disini Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantarkan Anda ke Goa Pindul.
Selain melewati rute tersebut, Anda juga bisa menyusuri riang road Wonosari, Setelah sekitar 1 km Anda akan menemukan perempatan PKU/ Dishub, lalu arahkan kendaraan Anda untuk melewati perempatan Budegan hingga 1 kilo meter. Selanjutnya Anda bisa memacu kendaraan Anda lurus hingga perempatan Grogol. Setelah itu ambil belok kiri dan terus berjalan hingga ke pedesaan yang nantinya akan mengantarkan Anda langsung menuju objek wisata Goa Pindul.


    Tempat wisata ini dibagi menjadi 3 jenis sesuai dengan ukuran yang berbeda yaiut ukuran kecil untuk anak-anak, Ukuran sedang untuk semua orang, dan ukuran jumbo ini dikhususkan bagi yang memiliki ukuran tubuh jumbo/gendut. Bagi anda yang ingin menikmati keseruan yang menantang di telusur sungai ini wisatawan di wajibkan terlebih dahulu untuk menghubungi operator, selain itu juga wisatawan diharuskan membeli tiket, harga tiket di wisata gua pindul tidak terlalu mahal hanya 35.000,-/orang. Setelah anda membeli tiket di wisata gua pindul setiap wisatawan akan mendapatkan fasilitas berupa peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban tubing, Fasilitas di basecamp , free wifi hotspot, free wedang pindul. Alat transportasi obyek wisata (pajero pindul), pemandu lokal dan asuransi.

  Selain menyediakan tiket masuk wisata goa tersebut kami juga menyediakan paket tour ke obyek wisata ini termasuk dengan transportasi penjemputan dari tempat Anda menginap selama di kota pelajar Yogyakarta atau meeting point yang telah kita tentukan.Sehingga Anda bersama teman maupun keluarga tidak repot mencari transport lagi untuk mengunjungi tempat-tempat rekreasi di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, berikut itinary packagenya :

08.00 : Anda akan kami jemput sesuai dengan meeting point (sudah disepakati) , misalnya Anda menginap di hotel.Anda kami jemput di Hotel tempat Anda menginap kemudian berangkat menuju ke arah Kota Wonosari Gunungkidul Yogyakarta atau bisa juga bertemu di meeting point yang telah ditentukan bersama.10.00 : Mulai aktifitas susur goa yang terletak di desa wisata Bejiharjo tersebut11.00 : Ganti pakaian basah, sembari menunggu antrian, Anda bisa menikmati wedang jahe yaitu minuman khas desa wisata setempat lumayan untuk menghangatkan badan.11.30 : Bersiap santap siang dengan menu khas Gunungkidul, pastinya menggugah selera makan kita dengan suguhan seperti nasi merah dan ayam goreng plus lauk pauk.13.00 : Bersiap menuju ke wisata pantai Gunungkidul yaitupantai Indrayanti atau pantai Pulung Syawal berpasir putih dan menjadi favorit wisatawan jika berkunjung ke kota Gudeg.15.00 : Menuju kota Jogja17.00 : Menikmati sore hari di Bukit Bintang18.00 : Kembali menuju Hotel atau lokasi yang telah ditentukan.Note : Untuk kenyamanan Anda persiapkan membawa pakaian ganti, karena pakaian Anda pasti basah jika melakukan aktifitas asyik dan seru ini.

Biaya :Untuk minimal 30 - 45 orang : Rp 160.000 / OrangUntuk minimal 6 orang  : Rp 200.000 / OrangUntuk minimal 2 orang  : Rp 350.000 / Orang

Fasilitas : - Transportasi selama tour- Biaya bercave tubing ( include sewa Jaket Pelampung, Sepatu serta Pemandu )- Obyek wisata Pantai Indrayanti dan Bukit Bintang- Makan Siang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar